NAMA :
SITI INDRIANTI H
KELAS :
3PA10
NPM :
1A514357
MATA KULIAH : PSIKOLOGI MANAJEMEN
MASALAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
KERAGAMAN BUDAYA DAN SIKAP
Manajemen
sumber daya manusia (MSDM) merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang
meliputi segi – segi perencanaan, dan pengendalian. Tujuan manajemen SDM adalah
meningkatkan konstribusi produktif orang – orang yang ada dalam perusahaan
melalui sejumlah cara yang bertanggung jawab secara strategis, etis, dan
sosial.
Masalah
keragaman budaya dan sikap merupakan masalah eksternal dalam masalah
manajemen sumber daya manusia. Beragam budaya
tenaga kerja akan sangat menentukan ketika mereka bersikap, keragaman budaya
dan sikap ini pun merupakan aset bagi perusahaan, sehingga akan diperoleh hasil
yang posiif dan kaya dengan imajinasi utamanya untuk bisnis yang perusahaannya
bergerak di bidang seni, desain, dan usaha lainnya yang sejenis.
Dalam
hal ini masalah yang dihadapi PT. Unilever,Tbk
adalah masalah penipuan yang mengatas namakan PT. Unilever. Yaitu dengan menyelipkan kertas undian
yang diletakkandidalam produk Unilever seperti shampo, Rinso dsb.
Penipuan seperti ini bagi orang yangmudah tergiur akan sangat merugikan. Ia
biasanya langsung senang dan tanpa berfikir langsung menelpon nomor oknum yang ada dalam kartu undian tersebutDan ujung ujungnya minta transfer uang.
Dalam
promosi PT. Unilever tidak mengalami masalah karena dalam stateginya PT.
Unilever sangat hati-hati sehingga tujuan perusahaan dengan mudah
terpenuhi.Peranan merek bukan lagi sekedar
sebagai nama ataupun sebagai pembeda dengan produk-produk pesaing,
tetapi sudah menjadi faktor penentu untuk dapat menjadi ³trend setter´
dibidang industri. Banyak perusahaan yang berhasil
karena memiliki reputasi merek, sehinggadapat membuka distribusi di
kota-kota lain bahkan negara-negara lain dengan menarik pelanggan sasaran
melalui kekuatan-kekuatan merek yang mereka miliki. Sebuah merek yangtelah
mencapai ekuitas tinggi merupakan asset yang berharga bagi perusahaan
Untuk
itu, mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek bukan pekerjaan mudah,
karenayang dihadapi adalah ekspektasi pelanggan. Konsumen akan merasa
³familiar´ dengan namamerek yang pertama
masuk ke pasar, sekalipun merek-merek yang masuk belakanganberkinerja
lebih baik. Ini akan mengarah kepada terciptanya kesetiaan yang lebih besar
padamerek pertama dan produsen.Kesetiaan pelangaan menjadi kunci sukse
tidak hanya dalam jangka pendek tetapi keunggulan bersaing
yang berkelanjutan. Contohnya seperti sabun kecantikan merek
Lux,yang merupakan sabun kecantikan pertama
yang masuk ke pasaran di Indonesia. Sabunkecantikan merek
Lux memperluas jenis produk sabun mandinya, yang tidak hanya sabunmandi
yang berupa batangan padat tetapi juga berupa sabun mandi cair.Merek perlu
dipersepsikan sebagai produk yang berkualitas tinggi, sehingga konsumen
dapatmemahami sebuah produk hanya melalui eksistensi, fungsi, citra dan
mutu. Kualitas di matakonsumen lebih bersifat subyektiif, tergantung
bagaimana persepsi konsumen terhadapproduk
itu.Ketika kemudian jumlah merek yang dikenal konsumen
semakin banyak, maka perananmerek dapat diperluas sehingga mampu
memberikan asosiasi tertentu dibenek konsumen.Seuah
merek akan sering dihubungkan dengan fungsi dan citra khusus. Nilai yang didasarimerek
sering kali didasari pada asosiasi-asosiasi spesifik yang berkaitan
dengannya.Asosiasi merek (brand association) diupayakan dengan slogan,
atau posisi yang diinginkan,atau dengan strategi brand identity, yaitu
menciptakan atribut yang penting sebagai bahanyang dipersepsikan konsumen.
Asosiasi-asosiasi merek seperti Ronald Mc.Donald
bisamenciptakan sikap atau perasaan positif yang berkaitan dengan suatu
merek.Merek dan kwalitas berperan sebagi persepsi yang mempengaruhi
keputusan membelipelanggan. Nilai haruslah menjadi landasan strategi dan
taktik, karena nilai merupakan alasanmengapa konsumen menggunakan produk dan
tetap setia (loyal). Nilai suatu brand yaitumenciptakan semakin
banyak komsumen yang setia, konsumen yang setia (loyal) adalahtujuan setiap
pemasar.Kesetiaan pelanggan terhadap merek merupakan salah satu aset merek. Hal
in sangat mahalnilainya karena untuk membangunnya banyak tantangan yang
harus dihadapi sertamembutuhkan waktu yang sangat lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar